September 8, 2011

Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Sepertinya tidak hanya orang tua dan lanjut usia saja yang terserang penyakit pikun. Banyak orang muda juga yang ‘terinfeksi’, padahal pasti setiap orang tidak menginginkan hal itu terjadi. Namun jangan khawatir, ada sedikit solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi kepikunan :

1.Buat visualisasi kreatif

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita yang punya rutinitas super sibuk. Supaya tidak lupa, gabungkan semua hal yang telah terjadwal dalam suatu cerita kreatif. Misalnya, hari ini Anda memiliki janji dengan teman Anda untuk minum kopi di sebuah cafe, namun setelah itu Anda juga harus menyelesaikan tugas pekerjaan untuk esok pagi. Anda bisa membayangkan mengerjakan tugas sambil mengobrol dengan teman Anda di sebuah cafe dengan secangkir kopi di tangan membicarakan atasan Anda yang berpenampilan aneh.

2.Semprotkan wewangian favorit

Dalam sebuah penelitian di Jerman, para mahasiswa menghirup wangi mawar ketika memasangkan kartu dan kemudian mencium wangi lagi ketika akan tidur. Ketika bangun, mahasiswa yang mencium mawar lebih baik dalam mengingat kartu-kartu yang mereka pasangkan. Berdasarkan penelitian tersebut, semprotkan wewangian favorit di ruangan atau kamar Anda sebelum tidur, khususnya jika esok pagi Anda akan menghadapi presentasi penting.

3.Senam mata

Gerakkan mata secara horisontal ke kanan dan kiri selama 30 detik sebelum melakukan tugas penting (misalnya ujian, presentasi) karena hal tersebut dapat membuat belahan otak berinteraksi, yang merupakan hal penting dalam mengingat memori.

4.Meditasi

Penelitian membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berfokus atau berkonsentrasi pada hal tertentu. Belum pernah meditasi? Duduklah di ruangan yang tenang, letakkan kedua tangan di perut, dan bernafaslah dalam. Fokuslah pada ketenangan, tidak perlu memikirkan apa-apa. Lakukan hal ini selama sekitar 10 menit, lihatlah bagaimana hal itu akan bekerja.

5.Coba hobi baru

Dengan melakukan hal-hal yang baru, maka akan terbentuk jalur-jalur baru di otak (meregangkan otak). Hal itu dapat meningkatkan kemampuan mengingat Anda.

6.Cukup tidur

Perlu digarisbawahi, cukup tidur. Hal itu berarti tidak kurang dan tidak lebih alias pas. Tidur cukup yaitu antara 6-8 jam setiap hari. Penelitian dari Boston’s Beth Israel Deaconess Medical Centre mengatakan bahwa cerebellum, bagian otak yang mengontrol kecepatan dan akurasi sangat aktif setelah Anda cukup tidur.

7.Hindari Rutinitas

Mengubah rutinitas dapat merangsang pertumbuhan sel-sel saraf di otak sehingga memori Anda tetap tajam. Misalnya : ambil rute yang berbeda untuk menuju ke kantor atau tempat Anda bekerja, Mengambil sesuatu dengan menggunakan tangan kiri (jika Anda bukan kidal), dsb.

8.Olah raga

Olah raga memberikan banyak manfaat, salah satunya mempertajam memori. Aerobik dan angkat beban baik untuk memperkuat memori, tetapi pada dasarnya semua olah raga baik untuk ‘melatih’ memori. Untuk pemula, disarankan olah raga jalan cepat 30 menit tiga kali seminggu.


Sumber : tabloid gaya hidup sehat

No comments:

Post a Comment